Rechercher dans ce blog

Thursday, October 19, 2023

Staf Keuangan LPP-RRI Gelapkan Potongan Gaji 50 Pegawai, Dilakukan Hampir Tiap Bulan - Jawa Pos - JawaPos

JawaPos.com – Asteria Eka Yolanda, staf keuangan Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP-RRI), bertugas memotong 10 persen gaji 50 pegawai untuk dibayarkan ke koperasi, asuransi, dan lainnya.

Namun, uang itu tidak dibayarkan ke pos-pos pemotongan tersebut. Uang itu justru dia gunakan untuk keperluan sendiri.

Jaksa penuntut umum Suparlan dalam dakwaannya menjelaskan, terdakwa Asteria menyerahkan daftar potongan gaji pegawai ke bank. Pihak bank kemudian mentransfer gaji yang telah dipotong kepada pegawai. Sedangkan potongan 10 persen ditransfer ke rekening terdakwa Asteria.

Baca Juga: Dokter Raditya Arddhi Sradhana, Terdakwa KDRT Dituntut 10 Bulan Penjara

Uang potongan 10 persen itu seharusnya dikirim untuk membayar koperasi, Dharma Wanita, Korpri, uang simpanan tata usaha, uang duka, dan premi asuransi. Namun, uang tersebut tidak disetorkan Asteria ke pos-pos pemotongan itu.

”Uang tersebut terdakwa gunakan untuk kepentingan sendiri,’’ ungkap jaksa Suparlan saat membacakan surat dakwaan dalam sidang di Pengadilan Negeri Surabaya kemarin (18/10).

M. Rifai, salah seorang pegawai, menyatakan bahwa terdakwa Asteria telah menggelapkan uang potongan gaji pegawai sejak 2019 dan baru terungkap pada 2021. Selama dua tahun itu, total potongan gaji 50 pegawai selama 38 bulan senilai Rp 361,6 juta.

”Saya tidak tahu uangnya dipakai apa, tapi dia sudah mengakui sambil menangis,’’ kata Rifai saat memberikan keterangan sebagai saksi selama persidangan.

Baca Juga: Miris! Geng Remaja di Tambaksari Surabaya Sengaja dan Nekat Tawuran Demi Konten

Sementara itu, terdakwa Asteria mengatakan, selama dua tahun itu dirinya tidak rutin setiap bulan menggelapkan potongan gaji teman-temannya. Dia selang-seling agar tidak ketahuan.

Misal pada 2019, dia menggelapkan potongan gaji untuk delapan bulan, empat bulan tetap dia bayarkan ke pos-pos pemotongan secara normal.

”Sebenarnya, niat saya hanya meminjam dulu, nanti saya kembalikan. Tapi, lama-lama tambah banyak. Saya tidak bisa mengembalikan. Saya gunakan untuk sehari-hari,’’ ujar Asteria dari balik layar dalam sidang secara telekonferensi. (gas/c6/eko)

Adblock test (Why?)


Staf Keuangan LPP-RRI Gelapkan Potongan Gaji 50 Pegawai, Dilakukan Hampir Tiap Bulan - Jawa Pos - JawaPos
Read More

No comments:

Post a Comment

Mau Dapat Potongan Tarif Pajak Hiburan? Ini Caranya - Liputan6.com

Sebelumnya, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Badung, Ray Suryawijaya, menegaskan bahwa PHRI di Bali menolak dengan teg...