Rechercher dans ce blog

Friday, January 13, 2023

Pedagang Pasar Bauntung Berharap Potongan Sewa, Dishub Masih Hitung-hitungan - Radar Banjarmasin

Masih sepinya suasana pasar Bauntung, membuat pemerintah masih memberi kebijakan pemotongan sewa retribusi sepanjang tahun 2022 lalu. Lantas bagaimana dengan tahun ini?

Muhammad Rifani, Banjarbaru

Jika di tahun 2022 lalu retribusi sewa untuk pedagang Pasar Bauntung dapat potongan 40-50 persen. Tahun 2023 ini kebijakan tersebut masih ngambang.

Sebab, pihak Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Banjarbaru belum memutuskannya. Alasannya lantaran masih dalam proses penghitungan.

Belum jelasnya nasib kebijakan keringan sewa retribusi ini memantik sejumlah reaksi pedagang Pasar Bauntung. Rata-rata mereka berharap keringanan retribusi masih diberlakukan di tahun 2023.

“Saya harap masih ada keringanan tarif, soalnya jujur kalau dibilang ramai ya belum begitu ramai sekali penjualannya. Masih perlu transisi dulu,” ujar RD (41), salah satu pedagang pasar.

Bagi RD, kebijakan keringanan atau potongan tarif sewa sangat membantu pedagang. Sebab, pembayaran penuh dinilainya masih cukup berat di kondisi sekarang.

“Kita pedagang pada intinya minta dimaklumi, kalau nanti tiga bulan ke depan atau enam bulan ke depan sudah ramai dan normal, pasti kita tak akan minta keringanan tarif,” katanya.

Soal ini, pihak Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Banjarbaru ketika dikonfirmasi belum dapat memberikan kepastian. “Masih dalam tahap perhitungan, jadi soal itu (kebijakan keringanan) belum bisa diputuskan sekarang,” kata Plh Kabid Pasar Disdag Banjarbaru, Heryfani.

Dalam perhitungan ini, Heryfani mengatakan jika dinas akan beracuan pada hasil pencapaian penerimaan retribusi di tahun 2022. Capaian inilah katanya yang akan jadi dasar soal adanya keringan atau tidak.

“Yang jelas kebijakannya tetap akan memerhatikan daya jual pedagang. Insya Allah dinas akan tetap berupaya membantu pedagang,” jawabnya.

Ditanya lagi soal besaran kemungkinan potongan yang akan diberikan. Heryfani menanggapi bahwa untuk besaran potongan pun mereka belum bisa memastikannya secara dini.

“Sekarang masuh proses perhitungan dan kita juga harus mengajukan persetujuannya kepada pimpinan. Jadi nanti kalau sudah ada akan kita kabari,” tuntasnya. (rvn/ij/bin)

Adblock test (Why?)


Pedagang Pasar Bauntung Berharap Potongan Sewa, Dishub Masih Hitung-hitungan - Radar Banjarmasin
Read More

No comments:

Post a Comment

Mau Dapat Potongan Tarif Pajak Hiburan? Ini Caranya - Liputan6.com

Sebelumnya, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Badung, Ray Suryawijaya, menegaskan bahwa PHRI di Bali menolak dengan teg...