Rechercher dans ce blog

Thursday, August 24, 2023

Menunggu Pengembalian Dana dari Bank Danamon untuk Potongan Manulife - Media Konsumen

Terima kasih sebelumnya kepada Media Konsumen untuk kesempatannya saya dapat menggunakan platform ini untuk melakukan pelaporan atau pengaduan secara publik terkait kasus yang saya alami.

Pada bulan Juli 2023 sekitar tanggal belasan saya dihubungi nomor (02150898526) yang pada waktu itu saya tidak tahu itu nomor siapa, ketika saya angkat ternyata merupakan telepon dari Danamon, sayangnya saya lupa nama orang yang menghubungi saya waktu itu.

Orangnya sangat ramah dan dia menjelaskan kepada saya dengan panjang lebar mengenai fasilitas yang saya dapat sebagai nasabah Danamon, yang katanya saya sebagai nasabah mendapat proteksi seperti kalau sakit atau kecelakaan, sebelumnya saya sudah curiga ini asuransi, tapi menurut dia bukan, karena setiap nasabah Danamon memiliki hak yang sama untuk proteksi seperti ini.

Mungkin saya terlalu polos, karena saya pikir Danamon ini baik menjelaskan atau mengedukasi nasabahnya terkait proteksi ketika saya memiliki debit Danamon, karena saya punya kartu kredit bank lain yang di dalam amplop pengirimannya ada surat keterangan bahwa ketika kartu aktif maka saya punya proteksi terhadap kecelakaan, delay pesawat, dll.

Namun hal tersebut hanya tersirat lewat surat amplop tersebut, tidak diedukasi secara langsung oleh pihak bank, makanya saya pikir Danamon ini pelayanannya baik. Selama telepon berlangsung pun saya sudah bertanya 3x “Ini tidak dipotong biaya apa pun kan bu?” (waktu itu yang menelepon saya perempuan) dan dia menjelaskan agak berbelit belit yang memang tidak ada potongan biaya apa pun.

Di tengah pembicaraan pun saya bertanya lagi “Ini gak ada potongan biaya kan bu?”. Hingga di akhir pembicaraan saya tekankan lagi “Bener ya bu tidak ada biaya” karena di akhir pembicaraan saya diharuskan untuk menyetujui statement dia, dan dalam statement tersebut tidak ada pembicaraan saldo utama saya akan dipotong atau sebagainya (disampaikan dengan nada bicara yang cepat).

Hingga akhirnya tanggal 18 Juli 2023 saldo saya terpotong secara auto debit sebesar Rp1.000.000, saya bingung dan kesal kenapa saya tiba-tiba ada pemotongan sejumlah 1 juta tersebut dan keterangan transaksinya MANULIFE_PJGCU202371490946.

Lalu saya menelepon Danamon pusat dengan nomor 1500090, karena yang menghubungi saya waktu itu 02150898526 yang merupakan nomor dari Jakarta, jadi saya pikir langsung saja saya telepon pusat. Ketika saya bertanya kenapa ada pemotongan tersebut ternyata kata officer banking-nya itu merupakan asuransi, entah asuransi kesehatan atau asuransi jiwa, yang biasanya pemotongan preminya Rp250 ribu, Rp500 ribu dan Rp1 juta. Sialnya saya dipotong dengan nominal yang paling besar. Saya minta untuk dibatalkan penarikan dana tersebut, dan officer bangking tersebut membuat pelaporan pembatalan pengajuan asuransi.

Sejak kapan saya mengajukan asuransi? Di telepon pun tidak ada pembahasan program asuransi dan tidak ada pembahasan nominal dipotong.

Akhirnya tiket pelaporan saya terbentuk dan mendapat SMS tanggal 25 Juli 2023 (dengan nomor tiket pelaporan 22525387), bahwa sudah dilakukan hold debet asuransi dan akan dilakukan proses refund dana oleh pihak Manulife dalam waktu 10 hari kerja.

Dan sekarang tanggal 18 Agustus 2023, masih belum ada uang masuk dengan nominal Rp1.000.000. Selama 10 hari kerja hingga terakhir 13 Agustus 2023, saya sudah menelepon sebanyak 4x dan seperti biasa jawaban 3 bank officer tersebut hanya mengatakan masih dalam proses dan sudah di-follow up. Malahan bank officer terakhir dengan nama Wati mengatakan bahwa 10 hari kerja dihitung dari tanggal 31 Juli 2023, bukan 25 Juli 2023 saat dapat notifikasi SMS dan Mbak Wati bilang disuruh menunggu sampai 15 Agustus 2023.

Rekaman Pembicaraan dengan Officer Banking Mba Wati

Saya juga sudah menarik semua uang saya yang ada di Danamon agar tidak terpotong lagi, karena saya sudah tidak percaya lagi dengan Danamon, pengembalian dana 1 juta saja begitu sulit, jadi saya antisipasi daripada dipotong lagi bulan berikutnya lebih baik saya kosongkan saja rekening tersebut. Saya rasa sudah cukup untuk menunggu yang tidak jelas seperti ini (hari ini hari Rabu 23 Agustus 2023), mungkin kasus seperti saya ini hanya dianggap sepele dan tidak ditanggapi secara serius oleh Danamon.

Pengaduan secara formal lewat bank sepertinya tidak membuahkan hasil, mungkin harus lewat Media Konsumen dahulu baru akan ditanggapi dengan lebih serius karena takut nama baik Danamon jadi hilang? Saya rasa kasus seperti saya bukan terjadi pada saya saja, saya sudah cari di Media Konsumen dan ada beberapa yang kasusnya seperti saya, entah di luar Media Konsumen ada berapa nasabah yang kena penipuan seperti ini.

Jujur saya bingung kenapa sekelas Bank Danamon bisa melakukan hal seperti ini, entah target dari banknya yang harus menjual asuransi Manulife dengan gencar sehingga memberi tekanan kepada karyawannya agar menghalalkan segala cara atau hanya oknumnya saja?

Jujur saya kecewa banget dengan pelayanan seperti ini, mungkin pertama dan terakhir kalinya saya menjadi nasabah Danamon, lebih baik di bank biru sebelah saja yang sudah lebih pasti.

Reyvan Revaldo
Kota Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bank Danamon:
[Total:1    Rata-Rata: 2/5]

Adblock test (Why?)


Menunggu Pengembalian Dana dari Bank Danamon untuk Potongan Manulife - Media Konsumen
Read More

No comments:

Post a Comment

Mau Dapat Potongan Tarif Pajak Hiburan? Ini Caranya - Liputan6.com

Sebelumnya, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Badung, Ray Suryawijaya, menegaskan bahwa PHRI di Bali menolak dengan teg...