Rechercher dans ce blog

Tuesday, October 24, 2023

Geger Potongan Kaki Pasien Dibuang ke Pantai, RSUD Buleleng Buka Suara - detikBali

Buleleng -

Pengunjung Pantai Penimbangan, Desa Baktiseraga, Buleleng, Bali, dihebohkan oleh penemuan potongan kaki manusia. Potongan kaki tersebut diketahui milik seorang pasien di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Buleleng.

Penemuan potongan kaki itu viral di media sosial (medsos) dan banyak dibagikan lewat pesan singkat aplikasi WhatsApp.

Seperti dilihat detikBali, video berdurasi 18 detik itu memperlihatkan warga yang heboh dan histeris melihat potongan kaki yang terdampar di pinggir pantai. Potongan kaki itu dibungkus menggunakan perban pada bagian telapak. Salah satu pengunjung lalu mencoba membawa potongan kaki itu lebih ke pinggir menggunakan tongkat bambu.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Direktur RSUD Buleleng Arya Nugraha buka suara soal penemuan potongan kaki itu, Dia membenarkan bahwa potongan organ tubuh itu milik pasien di RSUD Buleleng. Arya menyebut pasien berinisial MG itu menderita penyakit diabetes sehingga harus menjalani tindakan amputasi pada kaki kanan.

"Ya pasien masih dirawat, mungkin diabetes. Besok baru bisa dicek rekam mediknya," ungkap Arya Nugraha saat dikonfirmasi detikBali, Minggu (22/10/2023).

Dia memastikan pihak rumah sakit tak membuang potongan kaki itu. Seusai amputasi, potongan kaki itu diserahkan ke keluarga pasien.

Arya menyayangkan keluarga pasien yang membuang limbah hasil operasi itu ke laut tanpa dikelola sebelumnya. Seharusnya organ itu kata Arya bisa dikremasi terlebih dahulu agar tidak mencemari lingkungan.

Arya menambahkan di RSUD Buleleng sebenarnya sudah memiliki sistem pengelolaan limbah hasil operasi yang bekerja sama dengan rekanan di Jawa. Namun sebagian besar pasien biasanya memilih mengelola limbah operasi itu secara pribadi agar bisa diupacarakan secara adat.

"Kami punya sistem pengelolaan limbah hasil operasi. Dibawa ke insenerator di Jawa. Karena di Bali belum ada. Jadi setiap minggu itu diambil," jelasnya.

Sementara itu, pasien saat ini masih dirawat di Ruang Padma RSUD Buleleng. Tim detikBali sudah berusaha untuk mengkonfirmasi dengan keluarga pasien namun mereka enggan untuk berkomentar.

Simak Video "Nuanu Project, Objek Wisata Komplek Kultural di Pesisir Pantai Tabanan "
[Gambas:Video 20detik]
(dpw/gsp)

Adblock test (Why?)


Geger Potongan Kaki Pasien Dibuang ke Pantai, RSUD Buleleng Buka Suara - detikBali
Read More

No comments:

Post a Comment

Mau Dapat Potongan Tarif Pajak Hiburan? Ini Caranya - Liputan6.com

Sebelumnya, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Badung, Ray Suryawijaya, menegaskan bahwa PHRI di Bali menolak dengan teg...